DOWNLOAD EBOOK MODUL/DIKTAT KRIPTOGRAFI (KEAMANAN KOMPUTER)

Salam hangat para surfer online. Kali ini kita akan berbagi ebook modul/diktat seputar kriptografi (Keamanan Komputer). Kriptografi merupakan cabang ilmu yang mempelajari cara agar pesan yang dikirim dari pihak pertama ke pihak kedua dapat berjalan tanpa ada gangguan dari pihak lainnya. Kriptografi berusaha agar pesan yang dikirimkan tersebut tetap terjaga rahasianya.

Pada dasarnya, Kriptografi merupakan cabang dari ilmu matematika yang memiliki banyak fungsi khususnya dalam hal pengamanan data. Kriptografi adalah proses pengambilan pesan yang menggunakan beberapa fungsi untuk menggenerasi materi kriptografis atau sebuah pesan yang terenkripsi.

Secara etimologi, kriptografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu kripto dan graphia. Kripto berarti menyembunyikan, sedangkan graphia artinya adalah tulisan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi, misalnya data yang bersifat rahasia, keabsahan data, integritas data ataupun autentikasi suatu data.

Kriptografi mempunyai empat komponen utama, yaitu:
  1. Plain text, yaitu pesan yang dapat dibaca
  2. Cipher text, yaitu pesan acak yang tidak dapat dibaca
  3. Key, yaitu kunci untuk melakukan teknik kriptografi
  4. Algoritma, yaitu metode untuk melakukan enkrispi dan dekripsi
Prinsip-prinsip yang mendasari kriptografi adalah :
  1. Kerahasiaan (Confidelity). Kerahasiaan berfungsi agar isi pesan yang dikirimkan oleh pihak pengirim ke pihak penerima tetap terjaga rahasianya dan tidak diketahui oleh pihak lainnya. Hal-hal seperti ini biasanya dilakukan dengan menciptakan suatu algoritma matematis yang mampu mengubah isi data sehingga tidak bisa dibaca ataupun dipahami.
  2. Keutuhan data (Data Integrity). Data integrity harus mampu dalam mengenali dan mendeteksi adanya manipulasi baik berupa penambahan, penghapusan ataupun pengubahan data yang tidak sah oleh pihak lain.
  3. Keotentikan (Authentication). Layanan ini sangat erat hubungannya dengan identifikasi. Baik otentifikasi oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pengiriman data ataupun otentifikasi keaslian data/informasi.
  4. Non-Repudiasi. Yaitu layanan yang berusaha untuk mencegah terjadinya suatu penyangkalan terhadap pengiriman/terciptanya suatu informasi oleh pengirim.
Dua konsep utama dalam kriptografi, yaitu :
  1. Enkripsi. Enkripsi adalah proses untuk mengubah data/informasi yang akan dikirim menjadi bentuk yang tidak kenali sebagai informasi awalnya dengan menggunakan algoritma tertentu.
  2. Deskripsi. Deskripsi adalah proses untuk mengubah kembali struktur data yang telah dienkripsi sehingga menjadi bentuk awalnya kembali.

Berdasarkan jenis kunci yang digunakan, algoritma kriptografi dapat dibedakan menjadi :
  1. Algoritma simetris. Merupakan algoritma yang menggunakan kunci yang sama dalam proses enkripsi dan dekripsinya
  2. Algoritma asimetris. Merupakan algoritma yang menggunakan kunci yang berbeda dalam proses enkripsi dan dekripsinya.

Berdasarkan besar data yang diolah dalam satu kali proses, maka algoritma kriptografi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Algoritma block cipher. Informasi/data yang akan dikirim dalam bentuk blok-blok besar seperti 64 bit, dimana blok-blok ini dioperasi dengan fungsi enkripsi yang sama dan akan menghasilkan informasi rahasia dalam blok-blok yang berukuran sama.
  2. Algoritma stream cipher. Informasi yang akan dikirim akan dilakukan operasi dalam bentuk blok-blok yang lebih kecil seperti byte atau bit. Biasanya satu karakter persatuan persatuan waktu proses, menggunakan tranformasi enkripsi yang berubah setiap waktu.
  3. Non repudiation. Yaitu layanan yang berusaha untuk mencegah terjadinya suatu penyangkalan terhadap pengiriman/terciptanya suatu informasi oleh pengirim (menyangkal bahwa pesan tersebut berasal dari dirinya)
Untuk mendownload ebook/modul/diktat Kriptografi (Keamanan Komputer), silahkan klik link download dibawah ini:

Judul : Pengantar Kriptografi (Keamanan Komputer)
Bahasa : Indonesia
Penulis : Ir. Rinaldi Munir, M.T.
(DOWNLOAD)

Judul : Teori dan Aplikasi Kriptografi
Bahasa : Indonesia
Penulis :Sujono, ST, MT
(DOWNLOAD)

Judul : Dikat Kuliah Keamanan Komputer
Bahasa : Indonesia
Penulis : Mohammad Iqbal
(DOWNLOAD)

Judul : Algoritma Kriptografi & Contohnyal
Bahasa : Indonesia
Penyusun : Eka Risky Firmansyah
(DOWNLOAD)

Judul : Pengenalan Kriptografi
Bahasa : Indonesia
Penulis : Tedi Heriyanto
(DOWNLOAD)

Demikianlah postingan mengenai modul diktat kriptografi (Keamanan Komputer) ini, semoga dapat membantu dalam memahami dan mempelajarinya secara lebih dalam . Terima kasih telah berkunjung!

Tag : Download Ebook Modul Diktat Keamanan Komputer (Kriptografi) Bahasa Indonesia Terbaru dan Terlengkap Bahasa Indonesia

Referensi Artikel:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kriptografi
http://muhammad-ikhsan74.blogspot.co.id/2012/05/pengertian-kriptografi.html
http://asalkena.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-dan-contoh.html
http://asminaharahap.blogspot.co.id/2012/10/kriptografi.html



0 Response to "DOWNLOAD EBOOK MODUL/DIKTAT KRIPTOGRAFI (KEAMANAN KOMPUTER)"

Posting Komentar