DOWNLOAD MODUL PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO) TERLENGKAP

Salam hangat para surfer online. Pemrograman berorientasi objek atau dalam bahasa inggris (object oriented programming) adalah suatu pemrograman yang secara khusus beroritentasi  terhadap suatu objek. Mulanya, pemrograman berorientasi objek dikembangkan sekitar tahun 1960-an di Norwegia oleh dua orang peneliti bernama  Kristen Nygaard dan Ole-Johan Dahl. Adapun bahasa pemrograman yang digunakan pertama kali adalah bahasa pemrograman Simula 67. Sedangkan tujuan utama dari proyek ini adalah menciptakan suatu program yang mampu membuat suatu simulasi.

Dalam sejarahnya, Xerox PARC merupakan perusahaan yang pertama kali menggunakan istilah “object orirented programming” yang secara khusus merujuk kepada proses yang menggunakan suatu objek sebagai dasar untuk melakukan perhitungan. Dalam perkembangannya terdapat pula bahasa pemrograman Smalltalk yang terinspirasi oleh Simula 67. Bahasa pemrograman Smalltalk diklaim lebih unggul dibanding Simula 67 karena mempunyai kemampuan untuk merubah, menciptakan, ataupun menghapus objek. Selain itu, Smalltalk juga merupakan bahasa pemrograman yang pertama kali menggunakan konsep inheritance.

Salah satu penyebab banyak orang beralih ke pemrograman berorientasi objek adalah dikarenakan memiliki fleksibilitas yang lebih baik, kemudahan dalam mengedit atau mengubah program serta dapat digunakan secara lebih luas dalam teknik piranti lunak berskala jumbo. Selain itu, para pengguna pemrograman berorientasi objek juga mengklaim bahwa OOP dirasa lebih mudah untuk dipelajari oleh seorang pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan juga pendekatan OOP juga lebih mudah dirawat dan kembangkan lebih jauh lagi.

Seperti kita ketahui, bahwa penggunaan pendekatan yang berorientasi objek telah membantu perkembangan dalam bahasa modeling, design patern dan lain sebagainya. Dapat dikatakan pemrograman berorientasi objek merupakan pemrograman yang akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman.


Konsep-konsep dasar pemrograman beroritentasi objek:
  1. Kelas.  Kelas merupakan kumpulan atas beberapa definisi data yang disertai dengan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu kebutuhan tertentu.
  2. Objek. Objek berfungsi sebagai pelapis data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer. Suatu Objek dapat dikatakan sebagai dasar dari modularitas dan merupakan struktur dalam sebuah object oriented programming.
  3. Abstraksi. Dengan kemampuan untuk memfokuskan pada inti, suatu program dapat melewati aspek informasi yang telah diprosesnya. Suatu proses, fungsi ataupun metode dapat dibuat abstrak dan sebuah pengabstrakan dapat dikembangkan dengan beberapa teknik.
  4. Enkapsulasi. Enkapsulasi berfungsi untuk memastikan pengguna  sebuah objek agar tidak bias mengganti keadaan dalam dari suatu objek dengan cara yang tidak efisien. Masing-masing objek bisa mengakses antarmuka yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berkomunikasi dengannya. Sedangkan objek lain tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.
  5. Polimorfisme melalui pengiriman pesan. Dengan tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, suatu bahasa orientasi objek dalam melakukan pengiriman pesan.
  6. Dengan menggunakan pemrograman berorientasi objek, maka dalam menyelesaikan suatu masalah, kita tidak bisa melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstrukur) tetapi objek-objek apa yang bisa melakukan pemecahan masalah tersebut.
Demikianlah sekilas informasi mengenai pemrograman berorientasi objek. Jika ingin mempelajarinya lebih lanjut, silahkan download modul yang telah kami sediakan dibawah.


Untuk mendownload ebook modul pemrograman berorientasi objek (PBO), silahkan klik link download dibawah ini:

Judul : Pemrograman berorientasi objek dengan J2ME
Bahasa :Indonesia
Penulis : Java Competency Center ITB
(DOWNLOAD)

Judul : Modul Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek (JAVA)
Bahasa :Indonesia
Sumber : STIKOMP SURABAYA
(DOWNLOAD)

Judul : Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)
Bahasa :Indonesia
Penulis : Busran, MT
(DOWNLOAD)

Judul : Pemrograman Berorientasi Objek
Bahasa :Indonesia
Sumber : Kemendikbud
(DOWNLOAD)

Judul : Modul Ajar Pemrograman Berbasis Objek
Bahasa :Indonesia
Penulis :Ali Ridho Barakbah
(DOWNLOAD)

Judul : Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Bahasa :Indonesia
Penulis : Nurochman
(DOWNLOAD)

Demikianlah postingan mengenai modul pemrograman berorientasi objek ini, semoga dapat membantu dalam memahami dan mempelajarinya secara lebih dalam. Terima kasih telah berkunjung!

Referensi Artikel :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_berorientasi_objek
technopark.surakarta.go.id/id/media-publik/komputer-teknologi-informasi/189-konsep-dasar-pemrograman-berorientasi-objek

Tag : Download Ebook Modul Pemrograman Berorientasi Objek Bahasa Indonesia Terbaru dan Terlengkap Bahasa Indonesia

0 Response to "DOWNLOAD MODUL PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO) TERLENGKAP"

Posting Komentar