DOWNLOAD MODUL SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM)



Salam hangat para sufer online. Sistem Operasi adalah suatu komponen perangkat lunak sistem yang berfungsi mengendalikan  dan memanajemen fungsi-fungsi dasar hardware termasuk operasi dasar sistem dan menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti antivirus, office dan Mozilla. Sistem operasi memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem komputer, tanpanya semua program-program aplikasi tidak akan bisa dijalankan.

Secara umum, Sistem Operasi dapat dikatakan sebagai perangkat lunak inti yang ditempatkan pada memori komputer ketika pertama kali dinyalakan. Sedangkan perangkat lunak aplikasi/perangkat lunak lainnya baru dapat dioperasikan setelah sistem operasi berjalan. Sistem operasi secara otomatis akan memberikan layanan inti umum untuk perangkat lunak-perangkat lunak aplikasi. Adapun kegiatannya antara lain seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task, dan antar muka pengguna. Sedangkan bagian kode yang melaksanakan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel “ sistem operasi. Selain itu, sistem operasi juga memiliki penjadwalan sistematis yang tercakup dalam perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data dan lain sebagainya.

Sistem operasi adalah penghubung antara perangkat keras dengan perangkat lunak dan sebagai petugas yang melaksanakan instruksi-instruksi penting dalam komputer. Ia juga sebagai penjamin perangkat lunak aplikasi yang memiliki fungsi berberda beda dapat berjalan lancar dan harmonis tanpa adanya gangguan. Sistem operasi adalah yang memberikan dan membagi akses kepada setiap perangkat lunak lain agar dapat memakai memori, melakukan penginputan serta output terhadap perangkat lain. Jika beberapa aplikasi berjalan bersamaan dalam suatu waktu, maka sistem operasilah yang akan mengatur jadwal yang tepat sehingga semua proses pada komputer dapat menggunakan CPU secara adil dan tidak saling mengganggu dengan perangkat lainnya.

Bagian-Bagian pada sistem operasi :

  1. Mekanisme Boot, yaitu bagian yang berfungsi sebagai pembawa ini dari sistem operasi yang dinamakan kernel ke dalam memory kerne
  2.  Command Interpreter atau Shell, yaitu bagian yang berfungsi sebagai pembaca input yang berupa perintah dan penyedia fungsi-fungsi standar yang dapat dipanggil oleh program aplikasi ataupun perangkat lunak lain. Contoh dari Command Interpreter adalah Command Prompt yang terdapat pada Windows XP dan XTerm/Konsole pada Linux(Unix).
  3. Driver, yaitu bagian yang berfungsi sebagai interaktor terhadap perangkat keras dan sekaligus pengontrol kinerja hardware.
  4. Resource Allocator, yaitu bagian yang bertugas sebagai pengatur dan pengalokasi sumber daya dari perangkat-perangkat.
  5. Handler, yaitu bagian yang berfungsi sebagai pengendali sistem perangkat untuk menghindari suatu "error" dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu atau berlebihan.

Generasi-generasi pada sistem operasi :
  1. Generasi Awal. Untuk generasi awal, pada umumnya masih dilakukan secara manual atau dapat dikatakan belum ada sistem operasi yang secara otomatis ( belum mendukung layanan pekerjaan yang bisa dilakukan dalam satu rangkaian).
  2. Generasi Kedua. Pada generasi ini, Sistem operasi sudah dapat dijalankan pada 1 rangkaian. Contoh dari sistem operasi ini biasa disebut dengan Batch Processing System.
  3. Generasi Ketiga. Sisem operasi pada generasi ketiga merupakan salah satu yang memiliki perkembangan cukup signifikan karena sudah mendukung layanan Multi User, Multi Programming dan Multi Task. 
  4. Generasi Keempat. GUI atau Graphical User Interface merupakan salah satu produk yang dihasilkan pada generasi keempat dari Sistem Operasi. Ini berarti sistem operasi sudah memiliki tampilan grafis dan memiliki mouse.
  5.  Generasi  Kelima/Selanjutnya. Pada generasi ini telah diperkenalkan sistem operasi yang ternyata berada didalam sebuah sistem operasi pula, misalkan sistem operasi berbasis Web yang dapat bekerja didalam sebuah sistem operasi. Pada generasi ini juga diperkenalkan Sistem Operasi Bergerak (Mobile) pada perangkat keras seperti PDA, Pocket PC dan lain lain. Terdapat pula teknologi yang bersifat virtual, khususnya sistem operasi jaringan sehingga di dalam suatu jaringan hanya diinstal satu buah sistem operasi pada perangkat yang bertugas sebagai server.

Itulah sekilas informasi mengenai sistem operasi, jika anda berniat untuk mempelajarinya lebih dalam, silahkan download ebook modul sistem operasi yang telah disediakan dibawah.


Untuk mendownload ebook modul Sistem Operasi , silahkan klik link download dibawah ini:

Judul : Modul Sistem Operasi
Bahasa : Indonesia
Penulis :Ansu Official
(DOWNLOAD)


Judul : Sistem Operasi Komputer
Bahasa : Indonesia
Sumber : Nuryuliani
(DOWNLOAD)


Judul : Modul Praktikum Sistem Operasi
Bahasa : Indonesia
Penyusun :  1. Dharmayanti, ST, MMSI
                   2. Dwi Arso Mahardi
                   3. Muhammad Arief Rahman Hakim

                   4. Muhammad Taufan
                   5. Dedy Zufrianto

(DOWNLOAD)


Judul : Sistem Operasi
Bahasa : Indonesia
Sumber :Muhammad Wali, ST
(DOWNLOAD)


Judul : Modul Sistem Operasi
Bahasa : Indonesia
Penulis : -
(DOWNLOAD)


Judul :Modul Sistem Operasi
Bahasa : Indonesia
Penyusun : BSI
(DOWNLOAD)


Judul : Pengantar Sistem Operasi
Bahasa : Indonesia
Penyusun : -
(DOWNLOAD)


Judul :Modul Praktikum Sistem Operasi 2
Bahasa :Indonesia
Penyusun : Achmad Arwan, S.Kom
(DOWNLOAD)


Judul : Pengantar Sistem Operasi Komputer
Bahasa :Indonesia
Penyusun : -
(DOWNLOAD)


Judul : Sistem Operasi Jaringan
Bahasa :Indonesia
Penyusun : Kemendikbud
(DOWNLOAD)


Judul : Panduan Praktikum Sistem Operasi (LINUX)
Bahasa :Indonesia
Penyusun : Univ. Trunojoyo
(DOWNLOAD)


Judul : Modul Sistem Operasi
Bahasa :Indonesia
Penyusun : Tim Multimedia
(DOWNLOAD)


Demikianlah postingan mengenai modul Sistem Operasi ini, semoga dapat membantu dalam memahami dan mempelajarinya secara lebih dalam. Terima kasih telah berkunjung!

 Referensi Artikel :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-sistem-operasi-komputer-operating-system/
http://rnunugraha.blogspot.co.id/2010/07/macam-macam-sistem-operasi-komputer-dan.html

Tag : Download Ebook Modul Diktat Sistem Operasi Bahasa Indonesia Terbaru dan Terlengkap Bahasa Indonesia

0 Response to "DOWNLOAD MODUL SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM)"

Posting Komentar