DOWNLOAD MODUL DIKTAT MATEMATIKA DISKRIT

Salam hangat para surfer online. Matematika diskrit merupakan salah sau cabang matematika yang dikhususkan untuk membahas segala sesuatu yang bersifat diskrit. Adapun diskrit berarti tidak saling terhubung (lawan dari kontinyu). Objek-objek yang akan dibahas dalam bidang matematika diskrit adalah seperti graf, bilangan bulat, atau kalimat logika yang secara umum tidak berubah secara kontinyu tetapi memiliki nilai tertentu dan bersifat terpisah. Sedangkan hal-hal yang biasa dibahas dalam matematika ini misalnya teori himpunan, teori kombinatorial, relasi, fungsi, permutasi, teori graf, rekursi dan lain-lain. Matematika diskrit juga merupakan salah satu mata kuliah primer dan dasar untuk bidang informatika.

Mengapa perlu belajar matematika diskrit?
Beberapa alasan yang mendorong kita untuk belajar matematika diskrit diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Matematika diskrit akan membantu kita dalam mengembangkan kemampuan untuk membaca, memahami, dan membangun argumen matematika.
  • Matematika diskrit merupakan dasar kita untuk mempelajari mata kuliah lanjutan yang berhubungan dengan logika, seperti teori bilangan, aljabar linier, kombinatorika, teori peluang dan teori graf.
  • Matematika diskrit dapat membantu kita dalam memberikan latar belakang matematika yang dibutuhkan dalam memecahkan suatu masalah dalam riset operasi, seperti teknik optimisasi diskrit.
  • Khusus bidang informatika, dikarenakan komputer beroperasi secara diskrit, maka baik struktur ataupun operasi komputer hanya dapat dijelaskan dengan menggunakan konsep matematika diskrit. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mempelajari matematika diskrit.

Tujuan belajar matematika diskrit
Berikut telah kami rangkum beberapa tujuan utama mempelajari matematika diskrit, diantaranya adalah:
  • Penalaran matematika. Bagian ini akan membantu kita dalam memberikan pemahaman tentang penalaran matematika dalam membaca, memahami, dan membangun argumen matematika.
  • Analisis Kombinatorial. Bagian ini berfungsi dalam membangun keterampilan menghitung banyak objek sebagai salah satu kemampuan dasar dalam memecahkan suatu masalah.
  • Struktur Diskrit. Bagian ini akan memberikan kita suatu pemahaman tentang struktur diskrit sebagai salah satu struktur matematika yang bersifat abstrak dan digunakan dalam menyajikan objek-objek diskrit serta hubungan-hubungan diantara objek itu sendiri.
  • Aplikasi dan Pemodelan. Bagian ini berfungsi dalam memperkenalkan aplikasi matematika diskrit dan pemodelan matematika sebagai salah satu kemampuan dalam memecahkan masalah yang sangat penting.
  • Berfikir algoritmik. Bagian ini akan membangun kemampuan dalam mebuat algoritma dan verifikasinya serta menganalisis memori komputer dam waktu yang dibutuhkan dalam melakukan algoritma tersebut.

Struktur diskrit
Struktur diskrit adalah struktur dari matematika abstrak yang digunakan dalam menyajikan objek dan relasi antar objek. Yang termasuk ke dalam struktur diskrit diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Himpunan
2. Relasi
3. Permutasi dan kombinasi
4. Graf
5. Pohon
6. Finite-state machine


Untuk mendownload ebook/modul/diktat matematika diskrit, silahkan klik link download dibawah ini:

Judul : Matematika Diskrit
Bahasa : Indonesia
Penulis : Adiwijaya
(DOWNLOAD)

Judul : Struktur Diskrit
Bahasa : Indonesia
Penyusun : Yusuf Hartono & Fitri Maya Puspita
(DOWNLOAD)

Judul : Matematika Diskrit
Bahasa : Indonesia
Sumber : Politeknik Telkom Bandung
(DOWNLOAD)

Judul : Matematika Diskret
Bahasa : Indonesia
Penyusun : Sugi Guritman & Prapto Tri Supriyo
(DOWNLOAD)

Judul : Diktat Pendukung Matematika Diskrit
Bahasa : Indonesia
Penyusun : Ir. Hasanuddin Sirait, MT
(DOWNLOAD)

Judul : Matematika Diskrit
Bahasa : Indonesia
Penyusun : Dra. D. L. Crispina Pardede, DEA
(DOWNLOAD)

Judul : Matematika Diskrit
Bahasa : Indonesia
Penyusun : Ripai, S.Pd., M.Si
(DOWNLOAD)

Demikianlah postingan mengenai modul / diktat matematika diskrit ini, semoga dapat membantu dalam memahami dan mempelajarinya secara lebih dalam . Terima kasih telah berkunjung!

Tag : Download Ebook Modul Diktat Matematika Diskrit Bahasa Indonesia Terbaru dan Terlengkap Bahasa Indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Matematika_diskret
http://www.uniksharianja.com/2015/06/mengenal-matematika-diskrit-atau-matematika-informatika.html
http://www.etunas.com/web/pendahuluan-matematika-diskrit.htm

0 Response to "DOWNLOAD MODUL DIKTAT MATEMATIKA DISKRIT"

Posting Komentar