DOWNLOAD MODUL DIKTAT PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Salam hangat para surfer online. Teknologi informasi  berasal dari bahasa latin ‘ texere’ yang berarti membangun. Teknologi informasi (Information Technologi) merupakan teknologi-teknologi yang dalam fungsinya dapat membantu manusia dalam membuat, menyimpan, mengubah, mengomunikasikan ataupun menyebarluaskan suatu informasi. Teknologi informasi berupaya untuk memadukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi yang berupa data, suara dan video. Adapun contoh dari teknologi informasi misalnya komputer, telepon, peralatan rumah tangga elektronik, ataupun alat yang paling sering kita gunakan seperti ponsel. Teknologi ini memiliki 2 aspek penting yang tidak dapat dipisahkan, yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Teknologi Informasi merupakan bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program dan data konstruksi.

Sejarah Teknologi informasi
Pada zaman dahulu, manusia menggunakan bahasa untuk melakukan pertukaran informasi. Maka dapat dikatakan bahwa bahasa adalah teknologi. Bahasa membantu seseorang untuk memahami apa yang disampaikan oleh orang lain, namun hal tersebut tidaklah bertahan lama karena informasi yang berada pada si penerima itu biasanya akan dilupakan dan tidak disimpan lama.

Selanjutnya, dengan kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh bahasa, maka berkembangkan teknologi penyampaian informasi yang menggunakan gambar. Dengan gambar, maka jangkauan informasinya akan menjadi lebih luas dan bisa dibawa kemana-mana dan disampaikan kepada orang lain tanpa mengurangi inti dari informasi itu sendiri. Selain itu, informasi dalam bentuk gambar juga akan bertahan lebih lama. Contohnya adalah gambar-gambar pada peninggalan zaman purba yang sampai saat ini masih dapat dipahami informasi yang ingin disampaikan oleh pembuatnya.

Dengan ditemukannya alfabet dan angka arabik, maka penyampaian informasi akan lebih efisien dari cara-cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka. Selanjutnya, teknologi percetakan juga memungkinkan kita untuk melakukan pengiriman informasi yang lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi dan komputer menyebabkan informasi menjadi lebih cepat tersebar untuk area yang lebih luas dan lebih dalam tersimpan.

Fungsi-Fungsi Teknologi Informasi
Berikut adalah fungsi-fungsi utama dari teknologi informasi, diantaranya adalah :
  1. Menangkap ( Capture )
  2. Mengolah (Processing). Bagian ini bertugas untuk mengolah data yang diinput atau diterima untuk menjadikannya sebagai suatu informasi. Pengolahan ini dapat berupa konversi, analisis, kalkulasi ataupun sintesis segala bentuk data dan informasi.
  3. Menghasilkan (Generating). Bagian ini berfungsi untuk menghasilkan (mengorganisasi) suatu informasi ke dalam bentuk yang lebih berguna, misalnya grafik dan tabel.
  4. Menyimpan (Store). Bagian ini berfungsi untuk merekam dan juga menyimpan data/informasi untuk keperluan lainnya ke dalam suatu media penyimpanan. Misalnya adalah CD, Flashdisk dan Hardisk
  5. Mencari Kembali (Retrival). Bagian ini berfungsi dalam menelurusi/mendapatkan kembali informasi yang telah tersimpan sebelumnya, misalnya dalah spplier yang sudah lunas.
  6. Transmisi (Transmission). Bagian ini berperan dalam mengirim data/informasi dari suatu lokasi ke lokasi lainnya melalui jaringan komputer.
Tujuan Teknologi Informasi
Sebenarnya, tujuan utama dikembangkannya teknologi informasi adalah untuk dapat memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, dan meningkatkan efektifitas ataupun efisiensi dalam melakukan suatu pekerjaan. Secara singkat, dapat dikatakan bahwa teknologi informasi diciptakan untuk membantu dalam pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan. Pekerjaan manusia akan menjadi lebih mudah dan efisien dengan adanya teknologi informasi.


Untuk mendownload ebook/modul/diktat pengantar teknologi informasi, silahkan klik link download dibawah ini:

Judul : Pengantar Teknologi Informasi [Lengkap 20 BAB] [Rekomendasi]
Bahasa : Indonesia [ Ukuran File : 23 Mb ]
Penulis : -
(DOWNLOAD)

Judul : Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi
Bahasa : Indonesia
Penyusun : Tim Dosen Ilkom UNDIP
(DOWNLOAD)

Judul : Pengantar Teknologi Informasi
Bahasa : Indonesia
Penulis :Novia Lestari,S.Kom
(DOWNLOAD)

Judul : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Bahasa : Indonesia
Penyusun : Jufriadif Na`am
(DOWNLOAD)


Demikianlah postingan mengenai modul diktat pengantar teknologi informasi ini, semoga dapat membantu dalam memahami dan mempelajarinya secara lebih dalam . Terima kasih telah berkunjung!

Tag : Download Ebook Modul Diktat Pengantar Teknologi Informasi Bahasa Indonesia Terbaru dan Terlengkap Bahasa Indonesia

Referensi Artikel:
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
http://www.artikelsiana.com/2015/09/teknologi-informasi-pengertian-tujuan-fungsi.html
http://www.aingindra.com/teknologi-informasi-adalah.html



0 Response to "DOWNLOAD MODUL DIKTAT PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI"

Posting Komentar