Download Ebook Belajar Bahasa Arab Terbaru

Kali ini kita akan berbagi ebook belajar bahasa Arab. Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Dengan ini maka dapat dikatakan bahwa belajar bahasa Arab di Indonesia merupakan salah satu prioritas, khususnya pada pesantren-pesantren ataupun madrasah yang ada di Indonesia.

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Semit Tengah dan tercakup dalam rumpun bahasa semit yang berkerabat dengan bahasa Ibrani dan bahasa Neo Arami. Menurut Schlözer (seorang tokoh orientalis), bahasa Arab termasuk ke dalam rumpun bahasa Semit. Teori ini dikemukakan berdasarkan tabel pembagian bangsa-bangsa di dunia yang terdapat dalam kitab Perjanjian Lama. Tabel tersebut mendeskripsikan bahwa setelah terjadinya banjir besar pada zaman nabi Nuh, semua bangsa di dunia berasal dari tiga orang putera nabi Nuh, yaitu Syam, Ham, dan Yafis. Untuk nama Semit sendiri diambil dari nama putra tertua, yaitu Syam.

Secara umum, Bahasa Arab terbagi menjadi dua, yaitu bahasa Arab Selatan dan Bahasa Arab Utara. Bahasa Arab Selatan biasa disebut dengan Himyaria yang digunakan di Yaman dan Jaziah Arab Tenggara. Bahasa Himyaria sendiri terbagi menjadi dua bahasa yaitu Sabuia dan Bahasa Ma'inia. Sedangkan Bahasa Arab Utara mencakup daerah Jazirah Arab dan Timur Laut. Bahasa ini dikenal dengan bahasa Arab Fusha. Saat ini bahasa Fusha merupakan bahasa yang masih dipakai karena Al-Qur;an sebagai kitab suci umat islam menggunakan bahasa ini. Bahasa ini merupakan bahasa yang penyebarannya paling luas hingga ke seluruh dunia.

Bahasa Arab mencapai puncak kejayaannya pada masa pra-Islam atau yang lebih dikenal dengan masa jahiliyah. Hal tersebut diawali dengan keberhasilan orang-orang Arab Badui dalam menakhlukkan penduduk padan pasir. Akibatnya, mulai saat itu bahasa Arab dijadikan bahasa utama dan memiliki tingkat paling mulia di kehidupan masyarakat sahara. Hal lain yang mendorong berkembangnya bahasa Arab adalah kemampuan masyarakat jahiliyah dalam menciptakan syair yang indah baik dari segi retorika ataupun maknanya. Bahkan pada saat itu telah ada perlombaan dalam menciptakan syair atau puisi, pemenang perlombaan tersebut nantinya akan dipamerkan di tengah masyarakat dengan cara digantung di dalam Ka'bah. Syair-syair tersebut kini dikenal dengan nama syair Mu'allaqât.

Saat ini, bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan secara resmi di 25 negara dan merupakan bahasa peribadatan dalam agama Islam karena merupakan bahasa yang dipakai oleh Al-Qur'an. Untuk bahasa Arab Modern saat ini telah dikelompokkan sebagai satu makrobahasa dengan 27 sub bahasa dalam ISO 639-3. Sedangkan Bahasa Arab Baku (Bahasa Arab Sastra) telah diajarkan secara luas di sekolah ataupun universitas, serta digunakan di tempat kerja, pemerintahan dan berbagai media massa.

Bahasa Arab telah memberikan banyak sekali kosakata kepada bahasa lain dari dunia Islam, hal ini sama dengan peranan bahasa Latin terhadap bahasa Eropa. Pada Abad Pertengahan, bahasa Arab juga dimanfaatkan sebagai alat budaya, khususnya sains, matematika dan filsafah, yang menyebabkan banyak bahasa Eropa yang turut menggunakan banyak sekali kosakata dalam bahasa Arab

Jika diteliti, maka pengaruh Arab telah menjadi paling mendalam pada negara-negara yang didominasi atau dikuasai Islam. Arab adalah sumber kosa kata utama untuk bahasa yang berbagai seperti bahasa Berber, Kurdi, Persia, Swahili, Urdu, Hindi, Turki, Melayu, dan Indonesia, baik juga seperti bahasa lain di negara di mana bahasa ini adalah dituturkan. Contohnya perkataan Arab untuk buku /kita:b/ digunakan dalam semua bahasa di atas, kecualipada bahasa Melayu dan Indonesia (di mana ia spesifiknya bermaksud "buku agama").

Itulah sedikit gambaran mengenai bahasa Arab. Jika Anda berminat untuk mempelajarinya, silahkan download ebook belajar bahasa Arab yang telah kami sediakan dibawah ini.

Untuk Mendownload Ebook Belajar Bahasa Arab, silahkan klik link donwload dibawah ini:

Judul : Belajar Bahasa Arab ( Ilmu Sharaf ) untuk Pemula
Bahasa : Indonesia
Penulis : Abu Razin & Ummu Razin 
(DOWNLOAD)

Judul : Panduan Durusul Lughah al-Arabiyyah (3 BAB Lengkap)
Bahasa : Indonesia
Penulis : DR. V. Abdur Rahim
(DOWNLOAD)

Judul : Belajar Bahasa Arab Untuk Orang Indonesia
Bahasa : Indonesia [ Tipe file : CHM ]
Penerbit : Arabindo
(DOWNLOAD)

Judul : Bahasa Arab dulu Doonk (Untuk Anak dan Pemula)
Bahasa : Indonesia
Sumber : http://bam.raudhatulmuhibbin.org
(DOWNLOAD)

Judul : Ilmu Sharaf Untuk Pemula
Bahasa : Indonesia
Penulis : Abu Razin & Ummu Razin 
(DOWNLOAD)

Judul : Belajar Bahasa Arab
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Arabindo.co.nr
(DOWNLOAD)

Judul : Belajar Bahasa Arab Pemula
Bahasa : Indonesia
Penulis : Muhammad Hamzah
(DOWNLOAD)

Demikianlah postingan mengenai ebook belajar bahasa Arab ini. Semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda yang ingin mempelajarinya. Terima kasih telah berkunjung.

Tag : Download Ebook Tutorial Belajar Bahasa Arab Terbaru Terlengkap Bahasa Indonesia

Referensi Artikel :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Arab
http://jainudin-betawi.blogspot.com/2010/11/sejarah-bahasa-arab.html

0 Response to "Download Ebook Belajar Bahasa Arab Terbaru"

Posting Komentar