Download Modul Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) Terlengkap

Pada postingan kali ini kita akan berbagi modul/diktat sistem pendukung keputusan. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) adalah suatu sistem  (berbentuk perangkat lunak) yang dikembangkan pada komputer yang berfungsi dalam mendukung pengambilan keputusan berdasarkan kriteria dan metode tertentu.
Menurut Hermawan, Sistem pendukung keputusan adalah sebagai sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan (Pemecahan masalah atau Pengkomunikasian) untuk masalah semi terstruktur. Secara khusus, sistem pendukung keputusan didefinisikan sebagai sebuah sistem yang berkemampuan untuk mendukung kerja seorang manager dalam memecahkan masalah semi terstrukur dengan jalan memberikan informasi ataupun usulan menuju pada keputusan tertentu. 
Sistem Pendukung Keputusan dibuat untuk bertujuan sebagai penyedia informasi, pembimbing, dan pemberi prediksi serta mengarahkan pengguna informasi agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan baik. Sistem pendukung keputusan merupakan suatu implementasi dari teori-teori pengambilan keputusan yang telah diperkenalkan oleh ilmu-ilmu seperti operation research dan management science, bedannya bahwa jika dahulu untuk mencari penyelesaian masalah yang dihadapi harus dilakukan perhitungan iterasi secara manual (biasanya untuk mencari nilai minimum, maksimum, atau optimum), saat ini computer PC telah menawarkan kemampuannya untuk menyelesaikan persoalan yang sama dalam waktu relatif singkat.

Sistem pendukung keputusan terdiri dari beberapa tahapan, yang pertama adalah tahapan definisi masalah, kedua adalah tahapan pengumpulan data / elemen informasi terkait, ketiga adalah tahapan pengolahan data menjadi informasi yang berupa laporan grafik ataupun tulisan, keempat adalah tahapan penentuan alternatif-alternatif solusi.

Karakteristik Sistem Pendukung Keputusan
Sistem pendukung keputusan memiliki beberapa karakteristik, diantaranya :
  1. Sistem pendukung keputusan harus mampu mendukung proses pengambilan keputusan yang lebih condong pada manajemen dengan persepsi.
  2. Sistem pendukung keputusaan harus memiliki interface manusia atau mesin. Manusia diposisikan sebagai pemegang kendali dalam proses pengambilan keputusan.
  3. Sistem pendukung keputusan harus mampu mendukung dalam pengambilan keputusan dalam membahas masalah terstruktur, semi terstruktur atau tidak terstruktur.
  4. Sistem pendukung keputusan harus memiliki kesatuan sistem yang terdiri dari subsistem yang saling berkaitan dan terintegrasi sedemikan rupa.
  5. Sistem pendukung keputusan harus memiliki kapasitas dialog untuk memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan.
  6. Sistem pendukung keputusan membutuhkan suatu strukur data yang komprehensif sehingga dapat melayani kebutuhan informasi seluruh tahap manajemennya.

Kelebihan sistem pendukung keputusan
Sistem pendukung keputusan memiliki banyak sekali kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Sistem pendukung keputusan mampu menunjang pembuatan keputusan manajemen dalam menangani masalah semi terstrktur dan tidak terstruktur.
  2.  Dapat melakukan pengaturan manajerial mulai dari tingkat bawah hingga ke tingkat atas
  3. Sistem pendukung keputusan dapat menunjang pembuatan keputusan secara kelompok dan perorangan.
  4. Menunjang pembuatan keputusan yang saling bergantungan dan berurutan.
  5. Menunjang tahap tahap pembuatan keputusan antara lain inteligence, design, choice dan implementation.
  6.  Menunjang berbagai bentuk proses pembuatan keputusan dan jenis keputusan.
  7.  Kemampuan untuk melakukan adaptasi setiap saat dan bersifat fleksibel. Kemudahan melakukan interaksi sistem, Meningkatkan efektivitas dalam pembuatan keputusan dari pada efisiensi , Mudah dikembangkan oleh pemakai akhir
  8. Kemampuan pemodelan dan analisis dalam pembuatan keputusan, Kemudahan melakukan pengaksesan berbagai sumber dan format data.
Itulah sedikit informasi mengenai sistem pendukung keputusan, untuk informasi selengkapnya, silahkan download modulnya yang telah kami sediakan dibawah ini.

Untuk mendonwload modul/diktat sistem pendukung keputusan, silahkan klik link download dibawah ini:

1. Judul : Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System)
    Bahasa :  Indonesia
    Penulis : Irfan Subakti
    (DOWNLOAD)

2. Judul : Sistem Pendukung Keputusan
    Bahasa :  Indonesia
    Penulis : -
    (DOWNLOAD)

3. Judul : Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan
    Bahasa :  Indonesia
    Penulis : -
    (DOWNLOAD)

4. Judul : Modul Sistem Pendukung Keputusan
    Bahasa :  Indonesia
    Penulis :-
    (DOWNLOAD)


Demikianlah postingan mengenai sistem pendukung keputusan ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajarinya. Terima kasih telah berkunjung!

Tag : Download Ebook Moduk Diktat Sistem Pendukung Keputusan Decision Support System terbaru dan terlengkap

Referensi Artikel :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pendukung_keputusan
http://www.kajianpustaka.com/2013/09/sistem-pendukung-keputusan-spk.html
http://vebryexa.com/pengertian-dan-fungsi-sistem-pendukung-keputusan-spk.html

0 Response to "Download Modul Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) Terlengkap"

Posting Komentar