Download Modul Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence)

Salam hangat para surfer online, kali ini kami akan membagikan Modul/Diktat Kecerdasan buatan atau yang lebih sering disebut dengan Artificial Intelligence. Kecerdasan buatan adalah suatu kondisi dimana peralatan-peralatan mekanik dalam melaksanakan dan memutuskan suatu keputusan dalam menghadapai permasalahan/kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan layaknya seorang manusia. Kecerdasan buatan juga merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan suatu peroalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Ia terdiri dari suatu teknik perangkat lunak yang cara pemrogramannya menyatakan data, pemrosesan data dan penyelesaian masalah secara simbolik, dari pada secara numerik. Adapun masalah-masalah simbolik ini merupakan masalah yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Masalah-masalah ini berhubungan dengan simbol dan konsep simbol  dari pada angka-angka.

Sejarah Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Kecerdasan buatan sangat penting untuk mewujudkan sistem komputer yang cerdas dan dapat membantu penyelesaian masalah manusia, khususnya di era masa yang akan datang. Kecerdasan buatan (artificial Inteligence) berasal dari kata “intelligence” (bahasa Latin “intelligo” ) yang berarti “saya paham”.  Arti dasar dari kata inteligence adalah kemampuan untuk memahami dan melakukan suatu aksi. 
Sejarah kecerdasan buatan yang paling dominan dimulai pada tahun 1950-an yang mana program kecerdasan buatan pertama dibuat untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di universitas Manchester. Program AI pertama tersebut merupakan suatu permainan naskah yang di tulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur oleh Dietrich Prinz.  
Pada akhir tahun 1955, dua orang ilmuan yang bernama Newell dan Simon mencoba mengembangkan The Logic Theorist, yang merupakan program AI pertama. Program ini berfungsi mendeskripsikan masalah sebagai model pohon, lalu memilih penyelesaian masalahnya pada cabang yang menghasilkan kesimpulan terbenar. Program yang dikembangkan mereka ternyata berdampak besar dan menjadi pendongkrak dalam mengembangkan bidang AI. 

Pada tahun 1951, diselenggarakan sebuah konferensi yang bertujuan untuk menarik para ahli komputer bertemu. Nama kegiatan tersebut adalah “The Dartmouth summer research project on artificial intelligence.”, yang diprakarsai oleh John McCarthy (Selaku Bapak Kecerdasan Buatan). Konferensi Dartmouth itu mempertemukan para pendiri dalam AI, dan bertugas untuk meletakkan dasar bagi masa depan  pemgembangan dan penelitian AI.  John McCarthy  di saat itu mengusulkan definisi Artificial Intelligence (AI) adalah “ Artificial Intelligence merupakan cabang dari ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan komputer untuk dapat memiliki kemampuan dan  berperilaku  layaknya manusia”
Pada tahun 1960-an hingga 1970-an, seorang ilmuan Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma ( Suatu program yang berbasis pengetahuan dalam bidang matematika). Tahun 1980-an, AI (dalam bentuk jaringan syaraf tiruan) telah digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, yang pertama kali dijelaskan oleh Paul John Werbos. Tahun 1990-an, muncullah program AI yang sangat populer, yaitu Deep Blue. Merupakan sebuah komputer permainan catur. Ia mengalahkan seorang pecatur professional Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997.

Kelebihan Kecerdasan Buatan
 Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Kecerdasan buatan :
1. Sifatnya permanen. Kecerdasan buatan akan bersifat stabil dan tidak akan berubah selama sistemnya tidak dirubah oleh si pembuat. Berbeda dengan kecerdasan manusia yang tentunya akan cepat mengalami perubahan.

2. Mudah dalam publikasi dan penyebarannya. Kecerdasan AI dapat ditransfer secara mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer yang lain. Kecerdasan yang disalin tersebut akan dimiliki oleh komputer lain sebanyak 100 %. Sangat berbeda dengan kecerdasan manusia, yang mana butuh proses dan waktu yang lama pula. Selain itu pengetahuan yang ditransfer tidak akan pernah bisa di duplikasi secara lengkap.

3. Lebih murah dibanding kecerdasan alami. Menyewa/membayar seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka panjang tentu saja membutuhkan biaya yang lebih besar dari pada menggunakan layanan komputer yang berbasis kecerdasan buatan.

4. Sifatnya yang konsisten. Kecerdasan buatan senantiasa akan bersifat tetap konstan terhadap kecerdasan yang diprogram di dalamnya. Sedangkan kecerdasan alami tentus aja akan berubah-ubah.

5. Keputusan yang dibuat komputer  (Kecerdasan Buatan) dapat kita dokumentasikan dengan melacak setiap aktivitas dari sistem tersbut. Sedangkan Kecerdasan alami akan sangat sulit untuk direproduksi kembali.

6. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami
7. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.

Itulah sedikit informasi mengenai Kecerdasan Buatan, jika Anda tertarik untuk mempelajari Kecerdasan buatan, silahkan download  modul/diktat kecerdasan buatan yang telah kami sediakan dibawah.

Untuk mendownload Modul / Diktat Kecerdasan Buatan, silahkan klik link download dibawah ini :

1. Judul : Intelejensia Buatan
    Bahasa : Indonesia
    Penulis : Suyanto, ST
    (DOWNLOAD)

2. Judul : Mengenal Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
    Bahasa : Indonesia
    Penulis : Siswanto
    (DOWNLOAD

3. Judul : Kecerdasan Buatan
    Bahasa : Indonesia
    Penulis : Idhawati Hestiningsih
    (DOWNLOAD

4. Judul : Pengantar Kecerdasan Buatan
    Bahasa : Indonesia
    Penulis : -
    (DOWNLOAD

5. Judul : Dikta Mata Kuliah Kecerdasan Buatan
    Bahasa : Indonesia
    Penulis : Ir. Balza Achmad, M.Sc.E.
    (DOWNLOAD

6. Judul : Diktat Kecerdasan Buatan
    Bahasa : Indonesia
    Penulis : -
    (DOWNLOAD

7. Judul : Modul/Diktat Kecerdasan Buatan
    Bahasa : Indonesia
    Penulis : -
    (DOWNLOAD)

Demikianlah postingan mengenai Kecerdasan Buatan ini, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mempelajarinya. Terima kasih telah berkunjung!

Tag : Download Ebook Modul Diktat Kecerdasan Buatan Terbaru dan Terlengkap

Referensi Artikel :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
https://rehulina.wordpress.com/2009/08/05/pengertian-kecerdasan-buatan/

0 Response to "Download Modul Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence)"

Posting Komentar