Download Modul Sistem Pakar (Expert System)

Kali ini kita akan berbagi modul / diktat sistem pakar (expert system). Sistem pakar adalah suatu sistem (komputer) yang didalamnya ditanamkan pengetahuan-pengetahuan dari seorang pakar  dan digunakan untuk membantu dalam menyelesaikan masalah layaknya seorang pakar. Pengetahuan dari pakar yang ditanamkan di dalam sistem tersebut biasanya digunakan sebagai dasar oleh sistem pakar untuk menjawab pertanyaan (konsultasi) dan akhirnya mendapatkan kesimpulan dan solusi atas pertanyaan tersebut. Dengan adanya sistem pakar, maka orang awam sekalipun mampu menyelesaikan masalah atau sekedar mencari informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para pakar dibidangnya.
Dalam prakteknya, sistem pakar dirasa sangat membantu para pakar karena bisa diposisikan sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Untuk penyusunnya, sistem pakar dikombinasikan berdasarkan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan dengan basis pengetahuan tertentu dari satu atau beberapa pakar dibidang tertentu. Kombinasi kedua hal tersebut disimpan di dalam komputer dan selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu.

Sejarah Singkat Sistem Pakar

Sistem pakar pertama kali dikembangkan pada tahun 1960-an oleh periset kecerdasan buatan. Lalu pada tahun 1980-an mulai diterapkan secara komersial. Bentuk umumnya adalah suatu set aturan-aturan yang dibuat menjadi suatu program yang dapat menganalisa informasi mengenai suatu masalah-masalah yang spesifik serta mendapatkan analisis matematis dari masalah tersebut. Sistem pakar juga mampu untuk merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi.

Awalnya, perancangan dan pembangunan suatu sistem pakar dianggap hanya merupakan upaya artistik dari sebuah usaha ilmiah. Sekarang, proses ini sudah lebih baik untuk dipahami serta dapat diartikan secara lebih jelas, berkat upaya lebih dari 40 ilmuwan KCB yang berkolaborasi pada "Building Expert System", sebuah buku yang mengatur secara teknis seni dan gambaran penggunaan teknik membangun sistem pakar yang berbeda pada masalah umum.

Proses pembangunan sistem pakar biasanya disebut rekayasa pengetahuan. Biasanya melibatkan interaksi yang spesial antara orang yang membangun sistem pakar, disebut teknisi pengetahuan, dan satu atau lebih pakar dalam lingkup masalah tertentu. Teknisi pengetahuan meengambil informasi dari pakar berupa prosedur, strategi, dan aturan-aturan untuk menyelesaikan masalah, lalu membangun pengetahuan itu menjadi sebuah sistem pakar.

Kelebihan Sistem Pakar

Berikut adalah beberapa kelebihan sistem pakar :
1. Meringankan pekerjaan para pakar, karena dengan adanya sistem pakar, maka orang awam sekalipun mampu untuk mengerjakan pekerjaan layaknya para pakar.
2. Proses konsultasi  bisa dilakukan secara berulang-ulang dan tentunya akan mengurangi biaya dibandingkan dengan mendatangkan pakar secara berulang-ulang.
3. Sistem pakar mampu menyimpan pengetahuan dan keahlian lebih dari 1 orang pakar sehingga kemampuan penyelesaian masalahnya menjadi lebih baik / mampu meningkatkan output dan produktivitas.
4. Sistem pakar memiliki kemampuan untuk mampu beroperasi dalam lingkungan yang berbahaya.
5. Dengan adanya sistem pakar, maka keahlian para pakar dalam diambil dan dilestarikan.
6. Sistem pakar memiliki kemampuan untuk dapat mengakses suatu pengetahuan tertentu.
7. Sistem pakar dapat digunakan sebagai media untuk pelatihan dan pelengkap.
8. Kapabilitas penyelesaian masalah oleh sistem pakar akan meningkat.
9. Dengan adanya sistem pakar, tentu saja akan menghemat waktu dalam pengambilan keputusan karena alur-alurnya telah dirancang terlebih dahulu.

Kelemahan Sistem Pakar

Berikut adalah beberapa kelemahan sistem pakar:
1.  Diperlukannya pengelola khusus yang bertugas untuk melakukan update informasi dalam bidang-bidangnya.
2. Sistem pakar lebih sulit untuk dilakukan pengembangannnya dibanding dengan perangkat lunak konvensional.
3. Susah di kembangkan.
4. Membutuhkan waktu yang lama

Itulah sedikit informasi mengenai sistem pakar, untuk materi lengkapnya, silahkan download modul / diktat sistem pakar yang telah kami sediakan dibawah.

Untuk mendownload Modul / Diktat Sistem Pakar, Silahkan klik link download dibawah ini :

1. Judul :Pengantar Sistem Pakar
    Bahasa :  Indonesia
    Penulis : -
    (DOWNLOAD)

2. Judul :Pengantar Sistem Pakar (Expert System)
    Bahasa :  Indonesia [Ukuran File : 23 Mb]
    Penulis : Suryadi H.S
    (DOWNLOAD)

3. Judul : Sistem Berbasis Pengetahuan ( Sistem Pakar )
    Bahasa :  Indonesia
    Penulis : Irfan Subakti, M.Sc.Eng
    (DOWNLOAD)

4. Judul : Modul Sistem Pakar [Type file : PowerPoint]
    Bahasa :  Indonesia
    Penulis : -
    (DOWNLOAD)

 Demikianlah postingan mengenai Sistem Pakar ini, Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajarinya. Terima Kasih Telah berkunjung.

Tag : Download Ebook Modul Diktat Sistem Pakar Expert System Terbaru dan Terlengkap


Referensi Artikel :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pakar
https://3onoikom.wordpress.com/materi-kuliah/sistem-pakar/

0 Response to "Download Modul Sistem Pakar (Expert System)"

Posting Komentar