DOWNLOAD EBOOK MODUL BELAJAR TURBO PASCAL LENGKAP

Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang diambil dari seorang ahli matematika prancis bernama Blaise Pascal. Bahasa pascal tergolong ke dalam bahasa yang sangat mudah untuk dipelajari sehingga sering digunakan sebagai bahasa pengantar dalam memulai belajar algoritma dan pemrograman. Saat ini, bahasa pemrograman Pascal sudah mulai banyak ditinggalkan oleh para programmer karena dianggap kurang mendukung dalam pemrograman berorientasi objek dibanding bahasa-bahasa pemrograman yang lebih baru seperti C dan C++.

Bahasa pascal tergolong ke dalam High Level Language atau bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berjalan pada sistem MS-DOS. Perangkat lunak yang sering digunakan untuk menjalankan bahasa ini adalah Turbo Pascal. Turbo pascal sendiri merupakan perangkat lunak yang tediri dari kompiler dan Integrated Development Environment yang di buat dan dipasarkan oleh perusahaan Borland. Indonesia sendiri pernah menggunakan Pascal sebagai bahasa pemrograman standar untuk Tim Nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI).

Pascal memiliki kumpulan instruksi yang terstruktur dan sangat sistematis serta tipe-tipe data yang lengkap seperti boolean, integer, real, char dan string. Selain itu, kita juga dapat membuat sendiri tipe data lainnya yang berdasarkan turunan dari tipe data standar. Untuk dapat menjalankan program pascal, seorang programmer terlebih dahulu harus menentukan tipe data dari suatu variabel. Adapun sintak dalam bahasa pascal dapat kita pecah ke dalam bentuk prosedur dan fungsi sehingga dapat dipergunakan secara berulang. Selain itu, bahasa pemrograman Pascal tidak bisa membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, sehingga tidak menjadi masalah apabila kita menuliskan kata” BEGIN” dengan huruf besar ataupun “begin” dengan huruf kecil.

Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal
Mungkin diantara anda banyak yang bertanya kenapa harus diberi nama bahasa pemrograman Pascal? Atau siapa sih Pascal itu?. Dalam sejarahnya, banyak yang beranggapan bahwa Pascal merupakan seorang pengembang pertama dari alat yang sering kita pakai saat ini, yaitu Komputer. Ini dimulai pada tahun 1641 ketika ia berusia 18 tahun. Blaise Pascal telah berhasil membangun sebuah mesin aritmatika pertama yang kemudian diperdebatkan sebagai komputer pertama. Namun sekitar tahun 1950, Pascal resmi meninggalkan dunia geometri/fisika dan memilih untuk berkonsentrasi pada bidang agama. Awalnya, komputer dibuat dengan bahasa mesin dan assembly yang merupakan bahasa dengan tingkat kesulitan sangat tinggi sehingga susah untuk dipahami dan diubah/modifikasi. Hal inilah yang mendorong para pengembang untuk menciptakan bahasa pemrograman baru yang lebih mudah dipahami. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka muncullah bahasa pemrograman Pascal sebagai solusinya dan merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lebih mudah untuk dijalankan bahkan untuk seorang pemula sekalipun. 

Adapun pencipta sekaligus pengembang bahasa pemrograman Pascal adalah Profesor Niklaus Wirth. Ia adalah seorang pengajar di Universitas Zurich. Pertama kali, ia memperkenalkan kompiler bahasa pascal untuk komputer CDC 6000 pada tahun 1971. Tujuan utamanya adalah sebagai pembantu dalam melakukan pembelajaran komputer secara sistematis, khususnya untuk pemograman terstruktur. Dengan kemudahannya, Pascal menjelma sebagai salah satu bahasa yang sangat populer khususnya di kalangan universitas dan kemudian diajarkan pada beberapa perguruan tinggi. Beberapa profesional di bidang komputer pun perlahan mulai beralih ke bahasa tersebut. Versi-versi dari bahasa pascal pun banyak beredar dipasaran, diantaranya dalah MS-Pascal, Apple Pascal dan Turbo Pascal. Namun yang paling banyak diminati dari versi-versi bahasa tersebut adalah Turbo Pascal (Borland)

Kelebihan Bahasa Pemrograman Pascal
Berikut kami rangkum beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman pascal, diantaranya adalah:
  1. Telah didukung oleh tipe-tipe data standar yang tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman seperti boolean, integer, real, char maupun string. 
  2. Tersedianya fasilitas User defined Data Types, yang mana programmer dapat membuat tipe data lain berdasarkan turunan dari tipe data standar. 
  3. Memiliki fasilitas Strongly typed, yang mana seorang programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel serta variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain format yang telah ditentukan. 
  4. Dengan pascal, kita dapat memecah penulisan program menjadi fungsi-fungsi kecil serta dapat digunakan secara berulang.
  5.  Pascal merupakan bahasa pemrograman yang sederhana dan ekspresif dengan struktur sederhana yang hampir mirip dengan bahasa manusia sehingga sangat mudah untuk dipahami bahkan oleh seorang pemula sekalipun.

Untuk Mendownload Ebook Tutorial Belajar Turbo Pascal Bahasa Indonesia Silahkan Klik Link Dibawah Ini :

1. Judul : Tutorial Turbo Pascal 7.0
    Bahasa : Indonesia
    Penulis : Salim  
    (DOWNLOAD)

2. Judul : Pengenalan Bahasa Pascal
    Bahasa : Indonesia
    Penulis : Suparyadi
    (DOWNLOAD)

3. Judul : Modul Bahasa Pascal
    Bahasa : Indonesia 
    Penulis : -
    (DOWNLOAD)

4. Judul : Pengenalan dan Struktur Dasar Pascal
    Bahasa : Indonesia 
    Penulis : -
    (DOWNLOAD)

5. Judul : Modul Praktek Bahasa Pascal
    Bahasa : Indonesia 
    Penyusun : Hendra Widyatmiko, ST
    (DOWNLOAD)

6. Judul : Modul Praktek Algoritma dan Pemrograman Pascal
    Bahasa : Indonesia 
    Sumber : Modul Undip Semarang
    (DOWNLOAD)

Keywords : Download Kumpulan Modul Ebook Tutorial Belajar Bahasa Pemrograman Turbo Pascal Bahasa Indonesia Terlengkap Terbaru

"HARGAI JASA PARA PENGARANG BUKU DENGAN TIDAK MENGUBAH ISI FILE YANG TELAH DIBERIKAN SECARA GRATIS"

Semoga postingan ini dapat membantu. Jangan lupa komentarnya ya....
Selamat Belajar....

0 Response to "DOWNLOAD EBOOK MODUL BELAJAR TURBO PASCAL LENGKAP"

Posting Komentar