DOWNLOAD EBOOK TUTORIAL BELAJAR MySQL TERLENGKAP


MySQL adalah salah satu open source yang digunakan dalam pembuatan aplikasi server pada web. Perangkat lunak ini tergolong kedalam server database dan berfungsi sebagai Structure Query Language yang biasanya dijalankan bersamaan dengan PHP sehingga menciptakan aplikasi server yang baik dan dinamis. MySQL dikembangkan oleh perusahaan Swedia bernama MySQL  AB yang dimiliki oleh David Axmark, Allan Larsson dan Michael Widenius. Perusahaan ini adalah pemegang hampir hak cipta hampir semua kode sumbernya. Hal ini sangat berbeda denganperangkat lunak lainnya seperti Apache, dimana hak ciptanya dimiliki oleh penulisnya masing-masing yang berasal dari komunitas umum.

MySQL merupakan suatu implementasi dari Sistem Manajemen Basisdata Relasional yang diedarkan oleh General Public License secara gratis. Dengan demikian, kita sebagai pengguna dapat secara besar untuk memakainya, namun tentunya ada batasan-batasan tertentu seperti tidak menggunakan turunannya sebagai perangkat yang bersifat komersial. MySQL sendiri sebenarnya adalah turunan dari basis data Structured Query Language.  MySQL sangat mendukung dalam operasi basis data transaksional dan non transaksional serta memiliki keunggulan dalam hal unjuk kerja dibandingkan dengan perangkat lunak sejenis.

Sejarah MySQL

Tahun 1979 merupakan awal didirikannya MySQL  oleh seorang programmer komputer bernama Michael “monty” Widenius asal negara Swedia. Ia mengembangkan sistem database sederhana yang diberi nama UNIREG menggunakan mesin database ISAM. Mesin ISAM sendiri ia fungsikan sebaga penghubung indeks tingkat rendah.

Dalam perkembangannya, Michael bekerja sama dengan perusahaan TcX asal Swedia untuk mengembangkan database tersebut. Pada tahun 1994 perusahaan tersebut mulai mengembangkan aplikasi berbasis web dan berencana menggunakan sistem database buatan Michael  tersebut. Namun dalam implementasinya ditemukan bahwa UNIREG tidak cocok untuk jaringan database yang dinamis tersebut.

Berdasarkan permasalahan tersebut, kemudian perusahaan TcX berupaya untuk mencari solusi lain, diantaranya adalah dengan menggunakan mSQL (miniSQL). Secara umum mSQL dapat dipergunakan, namun masih terdapat berberapa kekurangan, diantaranya adalah tidak mendukung dalam pengindeksan sehingga menghasilkan kinerja yang belum maksimal.

Berbagai upaya pun dilakukan untuk meningkatkan kinerja mSQL, salah satunya dengan merancang sendiri konsep sistem database yang baru. Adapun sistem yang dibuat ini adalah MySQL , yang mana merupakan gabungan dari UNIREG dan mSQL sehingga kode sumber dapat dipergnakan secara bebas. MySQL diperkenalkan ke publik pada bulan Mei 1995 sebagai RDBMS baru yang bersifat opensource. Inilah sepenggal sejarah singkat yang melahirkan database MySQL yang terkenal saat ini.

Kelebihan MySQL
  1. Tingkat Kestabilan yang tinggi. MySQL dapat dijalankan diberbagai sistem operasi seperti Windows , Mac Os, Solaris, Linux dan lain-lain dengan stabil.
  2. Bersifat Opensource. Dengan sifatnya yang opensource, maka kita dapat menggunakannya dengan gratis dibawah lisensi GPL.
  3. Multi User. Kita dapat menggunakan MySQL dalam satu waktu dengan beberapa user namun tidak mengalami masalah.
  4. Performa yang baik. MySQL mempunyai kecepatan yang sangat baik dalam menangani query sederhana sehingga dapat mengeksekusi SQL lebih banyak dalam satuan waktu.
  5. Tipe data yang komplit. MySQL memiliki banyak sekali tipe-tipe data yang tentunya akan memudahkan pengguna dalam merancang database.
  6. Tingkat keamanan yang baik. MySQL memiliki tingkat keamanan yang baik dengan beberapa lapis, diantaranya adalah lapisan subnetmask, nama host, izin akses user dan dengan sandi-sandi yang terenkripsi.
  7. Skalabilitas dan Pembatasan. Lebih dari 50 juga dan 60 ribut table serta 5 milyar baris dapat ditangani oleh MySQL dan batas indeks yang mencapai 32 indeks pada setiap tabelnya.
  8. Konektivitas. Salah satu fitur andalan MySQL adalah dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
  9. Ragam bahasa. MySQL telah menggunakan lebih dari 20 bahasa dalam mendeteksi pesan-pesan kesalahan pada kliennya.
  10. Antar Muka. MySQL telah dilengkapi dengan interface terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan Application Programming Interface.
  11. Tabel yang fleksible. MySQL memiliki struktur tabel yang fleksible dala menangani ALTER TABLE dibandingkan dengan perangkat lunak sejenisnya.
Untuk Mendownload Ebook Tutorial Belajar MySQL Bahasa Indonesia Silahkan Klik Link Dibawah Ini :

 1. Judul Buku : MySQL 5 Dari Pemula Hingga Mahir (Rekomendasi Admin)
     Bahasa : Indonesia
     Penulis : Achmad Solichin, S.Kom
     (DOWNLOAD)

 2. Judul Buku : Pemrograman Basis Data Dengan MySQL
     Bahasa : Indonesia
     Penulis : Dwi Apri Setyorini, S.Kom
     (DOWNLOAD)

3. Judul Buku : Pocket Book MySQL
     Bahasa : Indonesia
     Penulis : Resa C.R
     (DOWNLOAD)

 4. Judul Buku : Belajar MySQL Dasar (Pemula)
     Bahasa : Indonesia
     Penulis : -
     (DOWNLOAD)

5. Judul Buku : PHP? Siapa Takut (Terdapat MySQL)
     Bahasa : Indonesia
     Penulis : Mr. Amateur
     (DOWNLOAD)

6. Judul Buku : PHP & MySQL Fundamental
     Bahasa : Indonesia
     Penulis : Endy Muhardin
     (DOWNLOAD)

 7. Judul Buku : Pemrograman Web Dengan PHP MySQL
     Bahasa : Indonesia
     Penulis : Achmad Solichin, S.Kom
     (DOWNLOAD)

8. Judul Buku : Membuat Website Berbasis PHP MySQL Dreamweaver
     Bahasa : Indonesia
     Penulis : Bunafit Nugroho
     (DOWNLOAD)

 9. Judul Buku : Pengantar Mysql (Dasar)
     Bahasa : Indonesia
     Penulis : -
     (DOWNLOAD)

10. Judul Buku : Membuat Halaman Kamus Istilah
                          Sederhana Menggunakan PHP dan MySql
       Bahasa : Indonesia
       Penulis : Asep Tatang S.
      (DOWNLOAD)

11. Judul Buku : Tutorial Singkat MySQL
       Bahasa : Indonesia
       Penulis :Mahmud Subaena
      (DOWNLOAD)

 12. Judul Buku : Seri Belajar MySQL 5 Kasus : Data Perpustakaan
       Bahasa : Indonesia
       Penulis : Untung Subagyo
      (DOWNLOAD)


Selain Ebook diatas, saya juga melampirkan Ebook Tutorial Belajar HTML , CSS PHP dan Javascript yang barangkali dapat berguna juga. Untuk Mendownloadnya silahkan klik Link dibawah ini :






Keywords : Download Kumpulan Modul Ebook Tutorial Belajar MySQL 5  Bahasa Indonesia Terlengkap Terbaru

"HARGAI JASA PARA PENGARANG BUKU DENGAN TIDAK MENGUBAH ISI FILE YANG TELAH DIBERIKAN SECARA GRATIS"

Semoga postingan ini dapat membantu Selamat Belajar....

0 Response to "DOWNLOAD EBOOK TUTORIAL BELAJAR MySQL TERLENGKAP"

Posting Komentar