DOWNLOAD EBOOK TUTORIAL BELAJAR LINUX DEBIAN TERLENGKAP

Debian adalah salah satu perangkat lunak yang bersifat open source tertua. Pertama sekali diperkenalkan pada tahun 1993 oleh sang creator Ian Murdock. Debian sendiri memiliki pelafalan DEB-EE-UHN yang berasal dari nama Ian Murdock dan Istrinya Debra. Basis dari open source ini adalah berasal dari Unix sehingga dapat digunakan sama baiknya sebagai dekstop ataupun sistem operasi server. Hal inilah yang membuat Debian di pakai oleh jutaan penggunanya. Adapun kernel yang dipakai oleh open source ini adalah kernel linux yang merupakan perangkat lunak gratis  yang dikembangkan oleh Linus Torvalds dan ribuan programmer yang ada di seluruh dunia. Kernel ini merupakan dasar dari sejumlah distribusi OS seperti: Ubuntu, MEPIS, Xandros, Knoppix, Linspire, Kanotix, Dreamlinux, LinEx dan masih banyak lagi.

Debian merupakan varian linux non komersial yang paling stabil dan populer. Ia dikelola oleh berbagai komunitas di dunia yang lebih dari 1200 pengembang terdaftar. Para pengembang tersebut bertugas untuk memperbaiki dan meningkatkan fungsionalitas dari debian. Oleh sebab itu, versi baru Debian hanya akan dirilis ketika mereka telah siap. Debian menyertakan lebih dari 26000 paket perangkat lunak yang terkompilasi dan dikemas dalam bentuk tertentu yang memudahkan instalasi pada komputer. Bentuk Keseluruhannya mirip sebuah tower. Yang berada paling bawah adalah kernelnya, lalu diikuti oleh perangkat dasar dan perangkat lunak yang memungkinkan komputer anda dapat bekerja, serta yang paling atas adalah "Debian" yang secara langsung mengorganisasi dan menyesuaikan segala sesuatunya sehingga dapat bekerja dengan baik.

Salah satu kelebihan debian adalah mampu melayani lebih dari 10 jenis arsitektur komputer yang berbeda, mulai dari Intel / AMD 32-bit / 64-bit untuk komputer pribadi hingga arsitektur ARM yang khas dan IBM eServer. Keuntungan lainnya adalah debian mampu melakukan uprgade tanpa down sistem, reboot atau bahkan terjadinya crash pada sistem. Paket yang ada pada debian juga terintegrasi dengan baik pada seluruh sistem sehingga dapat membantu menghubungkan beberapa gadget dalam menyajikan sistem yang lebih baik pada penggunanya.Untuk struktur file sistemnya, debian mengikuti Filesystem Hierarchy Standard yang tertutup. Oleh karena itu, semua paket debian menerapkan struktur dan direktori yang sama.

Untuk konfigurasi file, debian memperlakukannya secara khusus, yaitu setiap paket yang menyediakan file-file konfigurasi  telah ditandai sehingga sistem paket mengetahuinya. Ketika sebuah paket melakukan upgrade, maka file konfigurasi tidak secara otomatis ditimpa ketika akan diubah. Sebaliknya admin akan diinformasikan dan ditawarkan untuk menunjukkan perbedaan antara lokal dan file konfigurasi yang baru. Selanjutnya untuk konfigurasi manajemen ditangani secara mandiri oleh debconf. Orang yang tidak suka terganggu dengan pertanyaan-pertanyaan bisa mengkonfigurasikan untuk melewati banyak pertanyaan dan mengganti nilai defaultnya. Mereka yang lebih memilih antarmuka grafis, bisa mengkonfigurasinya untuk menggunakan antarmuka GTK. Teknik ini juga akan digunakan didebian-installer mendatang.

Itulah sekilas mengenai Linux debian, jika Anda tertarik untuk mempelarinya lebih dalam, silahkan download saja ebook belajar Linux debian yang telah kami sediakan dibawah.


Untuk mendownload Ebook Tutorial Belajar Linux Debian, silahkan klik link download dibawah ini:

Judul Buku   :Belajar Debian GNU/Linux Edisi Kedua
Bahasa         : Indonesia
Pengarang    :Askari Azikin
(DOWNLOAD)

Judul Buku   :Belajar Konfigurasi Debian Server
Bahasa         : Indonesia
Pengarang    :Pudja Mansyurin
(DOWNLOAD)


Judul Buku   :Belajar Linux Debian Server 5.07 Lenny
Bahasa         : Indonesia
Pengarang    :Firman Mahayoni
(DOWNLOAD)


Judul Buku   :Pengenalan Debian dan Cara Install-nya
Bahasa         : Indonesia
Pengarang    :Raihana Rahma Fadhilah
(DOWNLOAD)


Judul Buku   :Learning Debian GNU/Linux
Bahasa         : Inggris
Pengarang    :Bill McCarty
(DOWNLOAD)


Terima kasih telah berkunjung. Semoga postingan ini bermanfaat. Selamat Belajar Linux Debian
Tag : Download Ebook Tutorial Belajar Linux Debian Terbaru dan Terlengkap

0 Response to "DOWNLOAD EBOOK TUTORIAL BELAJAR LINUX DEBIAN TERLENGKAP"

Posting Komentar