DOWNLOAD EBOOK TUTORIAL BELAJAR ORACLE DATABASE

Kali ini kita akan berbagi ebook tutorial belajar Oracle Database. Oracle adalah sebuah relational database managemen system (RDBMS)  yang terdiri dari kumpulan data untuk mengelola informasi sercara terbuka, komprehensif, terintegrasi dan bersifat muti-platform. Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates merupakan tokoh-tokoh yang pertama kali mengembangkan produk ini. Oracle sendiri diperkenalkan kepada publik pada tahun 1977 lewat perusahaan Software Development Laboratories (SDL. Lalu pada tahun 1983, perusahaan tersebut mengganti nama menjadi Oracle Corporation sampai saat ini. Inilah yang menjadi cikal bakal Oracle yang sekarang.

Secara umum, Oracle merupakan salah satu DBMS yang cukup rumit dibanding software sejenisnya. Hal itu dikarenakan Oracle memang dirancang untuk kebutuhan organisasi/perusahaan yang berukuran besar. Kebutuhan organisasi/perusahaan besar tentu saja tidak sama dengan yang kecil atau menengah. Dibutuhkan fleksibilitas dan skalabilitas sehingga dapat memenuhi tuntutan akan data dan informasi yang memiliki volume besar.

Untuk bagian teknologi, server Oracle diisi dengan Oracle Instance yang berdasarkan System Global Area (SGA) dan Background Process yang dipergunakan oleh server dalam mengatur database. SGA sendiri terdiri atas data dan informasi pengontrol dan dialokasikan pada virtual memory komputer menuju server Oracle. Adapun bagian-bagian dari SGA meliputi Database Buffer Cache (berfungsi untuk menyimpan data yang baru saja disimpan, Shared pool (berfungsi untuk menyimpan informasi dan data dictionary yang baru saja digunakan), Java pool (berfungsi untuk menampung kumpulan kode program java), Redo log buffer (berfungsi untuk menyimpan perubahan yang dibuat ketika mengoperasikan database ), Stream Pool (berfungsi untuk mengeluarkan pesan error, peringatan serta pembersihan proses yang sudah tidak berguna lagi), Datafile (berfungsi sebagai tempat penyimpanan semua data seperti table index dan data dictionary), Redo log file (berfungsi sebagai tempat pencatat semua transaksi yang terjadi pada oracle), dan yang terakhir adalah Control file ( berfungsi sebagai tempat semua informasi file yang menjadi bagian dari database).


Jika berbicara kelebihan Oracle, tentu saja sudah tidak diragukan lagi, terutama untuk data-data yang berskala besar. Berikut beberapa rangkuman tentang kelebihannya. Yang pertama adalah dapat bekerja di lingkungan client/server. Kedua, ia dapat menangani manajemen space dan basis data yang besar serta mendukung akses data secara simultan. Ketiga, Performasi permrosesan transaksi yang tinggi dan menjamin ketersediaan sehingga dapat terkontrol dengan baik. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah sekilas tentang database Oracle, jika anda berminat untuk mempelajarinya, silahkan download ebook tutorial belajar Oracle database dibawah ini.

Untuk mendownload ebook tutorial belajar Oracle database, silahkan klik link download yang telah disediakan di bawah ini:


Judul Buku   : Buku Pegangan Oracle Database Administrator
Bahasa         : Indonesia
Pengarang    : Rohmad

Judul Buku   : Tutorial Belajar Oracle [20 Mb]
Bahasa         : Indonesia
Pengarang    : Ahmad S Ahsan

Judul Buku   : Praktikum Oracle
Bahasa         : Indonesia
Pengarang    : Badrudin hadibrata, M.Kom

Judul Buku   : Oracle Form Developer
Bahasa         : Indonesia
Pengarang    : Tessy Badriyah
(DOWNLOAD)

Judul Buku   : Modul Pelatihan ICT Oracle Basic
Bahasa         : Indonesia
Pengarang    : The@

Judul Buku   : Beginning Oracle Application Express 4
Bahasa         : Inggris
Pengarang    : Doug Gault, dkk

Judul Buku   : Membangun Aplikasi Database Oracle
                        Menggunakan Visual Basic
Bahasa         : Indonesia
Pengarang    : Achmad Basuki


Selamat mencoba belajar Oracle Database, Semoga menjadi seorang yang ahli dalam bidang ini. Terima kasih telah berkunjung!
Tag : Download Ebook Tutorial Belajar Oracle Database Terbaru dan Terlengkap

0 Response to "DOWNLOAD EBOOK TUTORIAL BELAJAR ORACLE DATABASE"

Posting Komentar